Surabaya Bakal Punya Alun-alun

By globalrealita 02 Mar 2019, 15:38:46 WIBBERITA

Surabaya Bakal Punya Alun-alun

Keterangan Gambar : Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini


Globalrealita.com - Surabaya bakal punya alun-alun kota. Alun-alun tersebut akan menjadi kesatuan yang menghubungkan antara kompleks Balai Pemuda (alun-alun barat) dengan Jalan Yos Sudarso sisi timur, tepatnya lahan di persimpangan Jalan Pemuda. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sedang mematangkan konsep untuk pengerjaan alun-alun di sisi sebelah timur tersebut.

Ditemui di Kediaman Wali Kota, Rabu (27/2), Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengungkapkan alun-alun tersebut akan dibangun dua lantai. Lantai 1 akan diisi dengan kuliner dan produk tradisional khas Surabaya, sedangkan lantai 2 akan menjadi parkir kendaraan.

Wali Kota Risma  menjelaskan bahwa alun-alun Surabaya bakal berada di dua sisi lahan, antara kompleks Balai Pemuda dengan persimpangan di Jalan Pemuda. Kedua lahan itu akan saling terhubung melalui basement bawah tanah, sehingga nantinya lahan tersebut akan semakin luas berkisar 2 hektar. Selain itu, pejalan kaki tidak perlu menyeberang lagi di Jalan Yos Sudarso, tapi bisa menyeberang melalui jalan bawah tanah tersebut.

Nantinya, alun-alun timur akan didesain dengan  plaza, panggung hiburan, dan tribun tempat duduk untuk pertunjukkan seni. Bahkan, ia mengaku jika alun-alun sebelah timur nantinya bakal dibangun patung sawunggaling dan diorama sejarah Surabaya.

Menurutnya, pembangunan alun-alun ini sebagai komitmen dari pemerintah kota menyediakan ruang-ruang positif bagi anak-anak Surabaya. Ia menilai, selama ini anak-anak biasa berlatih kesenian di kompleks Balai Pemuda.

Namun kawasan tersebut, dinilai sudah tidak muat untuk menampung  anak-anak berlatih berbagai kesenian, sehingga pihaknya telah menyiapkan konsep untuk pembangunan perluasan alun-alun sisi sebelah timur tersebut.

Wali kota yang juga menjabat sebagai Presiden UCLG Aspac ini memastikan bahwa saat ini pihaknya sedang merampungkan pengerjaan pedestrian dan saluran basement di alun-alun sisi sebelah barat atau kompleks Balai Pemuda. Sementara untuk sebelah timur, dalam waktu dekat pihaknya mengaku segera melakukan pengerjaan lahan tersebut. Ia berharap jika pembangunan alun-alun Surabaya itu bisa rampung tahun ini. #red

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment