Puguh Lentera, S.H. : Mengecam Keras Dugaan Perselingkuhan Kepala SMPN 1 Puri
Bupati Mustofa Harus Mampu Bertindak Tegas Dalam Masalah Ini

By globalrealita 01 Des 2017, 01:33:35 WIBopini

Puguh Lentera, S.H. : Mengecam Keras Dugaan Perselingkuhan Kepala SMPN 1 Puri

Keterangan Gambar : ilustrasi : Perselingkuhan


GLOBALREALITA.COM – Hebohnya dugaan perselingkuhan Kepala SMPN 1 Puri, Drs. Hariris Nurcahyo, M.Si. dengan wanita muda yang bersuami, menuai banyak pendapat dimasyarakat luas.

Seperti apa yang dijelaskan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Transparansi Rakyat, Puguh Lentera, S.H. kepada jurnalis globalrealita.com, Jumat (30/11/2017) dikantornya Jalan Cenderawasih No. 14 Randugenengan Dlanggu. Puguh mengatakan bahwa kalau melihat alat-alat bukti yang sudah lengkap semestinya Bupati Mustofa bersikap tegas memberikan sanksi kepada Hariris.

Puguh Lentera juga menyayangkan terkait tidak tegasnya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Ir. Zaenal Abidin, MM., MT., ketika menyikapi laporan pengaduan masyarakat terkait dugaan perselingkuhan yang dilakukan anak buahnya.

“ Harusnya, minimal ada skorsing sementara dari Ir. Zaenal Abidin, MM., MT. kepada Hariris selaku Kepala SMPN 1 Puri, sambil menunggu sanksi tegas Bupati Mustofa. Karena masalah ini sangat tabu dalam dunia pendidikan. Harkat dan martabat PNS dan dunia pendidikan sudah tercoreng karena perkara ini, “ ujara Puguh dengan lantang.

Terkait tidak tegasnya Ir. Zaenal Abidin, MM., MT. dalam menyelesaikan masalah ini sungguh tidak beralasan. Masih menurut Puguh, harusnya  atas nama harkat dan martabat serta tujuan mulia pendikan nasional serta nasib anak bangsa , Ir. Zaenal Abidin, MM., MT. bisa menskors Hariris untuk sementara sambil menunggu keputusan dari Bupati.

Seperti yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 45 Tahun 1990 Pasal 14 yang berbunyi bahwa Pegawai Negeri Sipil dilarang hidup bersama dengan wanita yang bukan isterinya atau dengan pria yang bukan suaminya sebagai suami tanpa ikatan perkawinan yang sah.

Masih menurut Puguh, berdasarkan peraturan tersebut, apa yang dilakukan Hariris atas dugaan perselingkuhan dengan isteri orang merupakan pelanggaran berat dibidang kedisiplinan dan etika moral sebagai seorang aparatur sipil negara.

“ Dugaan perselingkuhan Hariris dengan isteri orang adalah pelanggaran berat. Sebaiknya Hariris  diberi sanksi pemecatan secara langsung karena sudah melakukan pelanggaran moral dan disiplin  sebagai seorang PNS. Sementara terkait hukum pidananya sudah terpisah dan terus berproses, “ ujar pria muda pecinta kopi buket ini.

Puguh menjelaskan juga bahwa sanksi tersebut tidak mungkin menimbulkan kontradiksi  karena sanksi moral dan disiplin itu jalan sendiri-sendiri selain pidananya terus berproses. Sehingga tindakan pemecatan terhadap PNS atau Pejabat yang berselingkuh  adalah hal yang wajar.

“ Selingkuh itu delik aduan. Jadi setiap orang bisa melaporkan dugaan ini ke pihak berwajib, seperti yang diatur dalam Ketetapan MPR No. VIII/MPR/ 2001. Jadi sanksi pelanggaran kode etik dan  disiplin PNS tidak harus menunggu pidana, “ pungkas Puguh.

Puguh berharap ada tindakan tegas secepatnya dari Bupati Mojokerto terhadap Hariris; karena perkara ini sudah memasuki ranah pendidikan yang seharusnya Hariris sebagai Kepala SMPN 1 Puri bisa menjadi suri tauladan dan panutan bagi semua pihak. Bukan malah melakukan perbuatan yang  mencoreng harkat dan martabat dunia pendidikan pada khususnya. AGUS BUDIONO



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Jasa SEO Terbaik

    Makasih atas informasinya kawan. https://jasaseoweb.net/paket-jasa-seo-tahunan/ ...

    View Article
  • Tas Spunbond

    Woow,,, 40 tas mewah..? Sampai puluhan milyaran gitu nilainya, udah dapat berapa mobil ...

    View Article
  • Pusat Kuliner Jakarta

    Semoga terus berkembang nih kampung wisata kuliner di Banyuwangi ini. Jika berbagai ...

    View Article