Pro Kontra Vaksin MR, Positif Mengandung Unsur Babi Tetapi MUI Memutuskan Boleh Digunakan

By globalrealita 21 Agu 2018, 08:38:07 WIBhealth

Pro Kontra Vaksin MR, Positif Mengandung Unsur Babi Tetapi MUI Memutuskan Boleh Digunakan

Keterangan Gambar : Anak sekolah sedang imunisasi


Globalrealita.com – Sangat disayangkan penggunaan Vaksin Measles Rubella (MR) untuk anak-anak sekolah selama ini ternyata mengandung unsur babi.

Seperti yang disampaikan Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin, bahwa MUI telah menetapkan bahwa penggunaan vaksin yang memanfaatkan unsur babi dan turunannya dalam proses produksinya hukumnya haram.

Vaksin MR produk dari serum Institute of India (SII) juga hukumnya haram karena dalam proses produksinya menggunakan bahan yang mengandung unsur babi dan turunannya.

"Penggunaan Vaksin MR produk dari serum SII hukumnya haram karena dalam proses produksi menggunakan bahan yang mengandung unsur babi," jelas Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin, Senin (20/8/2018).

Masih menurut Hasanuddin, walaupun haram MUI masih memperbolehkan penggunaan Vaksin MR bagi umat muslim karena sampai saat ini di Indonesia belum ada Vaksin MR yang halal.

Keputusan ini termaktub dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia No. 33 Tahun 2018 tentang Penggunaan Vaksin MR (Measles Rubella) Produk dari SII (Serum Institute of India) untuk Imunisasi yang diputuskan pada 20 Agustus 2018.

MUI mengeluarkan empat rekomendasi terkait hal tersebut antara lain pertama pemerintah wajib menjamin ketersediaan vaksin halal untuk kepentingan imunisasi bagi masyarakat luas.

Kedua produsen wajib mengupayakan produksi vaksin yang halal dan melakukan sertifikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ketiga, pemerintah harus menjadikan landasan keagamaan sebagai panduan dalam imunisasi dan pengobatan.

Dan terakhir, pemerintah hendaknya mengupayakan secara maksimal bersama WHO dan negara muslim lainnya memperhatikan kepentingan umat Islam dalam hal kebutuhan akan obat-obatan dan vaksin yang suci dan halal.

"Penggunaan Vaksin MR produk dari SII di Indonesia, saat ini masih MUI memperbolehkan karena mubah hukumnya. Saat ini penggunaan Vaksin MR dalam kondisi keterpaksaan. Dinegara kita belum ada Vaksin MR yang halal dan suci menurut syariah,” tegas Hasanuddin.

Hasanuddin juga menegaskan kebolehan ini akan tidak berlaku jika memang telah tersedia Vaksim MR yang halal dan suci di Indonesia. #Hadi



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. solusi rambut tipis dan botak 14 Mar 2019, 13:44:06 WIB

    padahal vaksin sangat penting terlebih lagi bagi kesehatan manusia yang memiliki kesehatan rentan jika tanpa vaksin, hal ini dapat dipastikan dengan banyak nya penyakit yang memiliki gejala seperti rambut tipis dan botak, banyak sekali obat yang dapat digunakan sebagai solusi rambut tipis dan botak sebagai pencegah masalah itu, tapi vaksin masih lebih penting dibandingkan itu.

View all comments

Write a comment