Pemkab Jember dan BNI Kerjasama Jalankan Program Warung Berjaringan

By globalrealita 09 Jan 2019, 23:13:41 WIBnasional

Pemkab Jember dan BNI Kerjasama Jalankan Program Warung Berjaringan

Keterangan Gambar : Pemerintah Kabupaten Jember bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk


Globalrealita.com - Pemerintah Kabupaten Jember bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk penyaluran Program Kemitraan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI kepada warung kopi, warung berjaringan, dan suplier.

Penandatanganan nota kesepakatan kerjasama itu berlangsung di Ruang Cakrawala lantai 32 kantor PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di Jalan Jendral Sudirman Kav 1, Jakarta Pusat, Senin 7 Januari 2019.

“Targetnya seribu warung rakyat dan seribu warung kopi berjaringan,” terang Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., usai penandatanganan nota kesepakatan.

Pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Jember telah mengambil beberapa langkah untuk program warung rakyat dan warung kopi berjaringan ini.

Pada tahun 2019 ini, program ini dijalankan sekaligus dengan pembiayaannya, bersama BNI. Tahun ini juga dilaksanakan dengan sistem informasinya manajeman serta aplikasi keuangannya.Dalam menjalankan program warung wakyat dan warung kopi berjaringan ini, Pemerintah Kabupaten Jember menganggarkan pelatihan manajemen maupun pelatihan menadi barista. Sementara BNI membiayai modal usahanya

Warung rakyat dan warung kopi berjaringan menjadi target dalam program ini untuk mendorong bersaingan dengan took-toko yang telah berjaringan. Selain terletak pada jaringan, kelemahan warung ini pada modal.

Warung rakyat berjaringan ini dibantu dalam sisi manajemen, modal, dan suplai barang. Suplai barang ini utamanya produk lokal Jember.

Dalam kesepakatan ini, pengusaha warung rakyat dan kopi tidak memerlukan agunan untuk mendapatkan modal usaha. “Usahanya itulah yang menjadi agunan,” terang bupati. Sementara pemerintah daerah menjadi penjamin atau avalis.

Sementara itu, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan PT. BNI (Persero) Tbk. Catur Budi Harto mengatakan, program ini dalam konteks memberdayakan masyarakat.

Program ini bertujuan agar warung lebih produktif, memiliki daya tawar lebih baik, lebih mandiri. “Dan terakhir, tentunya mereka lebih sejahtera dengan program ini,” terang Catur. (*f2)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Agen Bandar Judi Bola

    Any way I'll be acquiring in to your feed and I trust you post again soon. ...

    View Article
  • Bimtek Kepegawaian

    it is extremely a skillfully-inquired about substance and super wording. I were given ...

    View Article
  • Bimtek Keuangan

    This is my first time visit here. From the huge amounts of remarks on your ...

    View Article
  • Boneka Wisuda

    I simply want to say I’m very new to blogging and site-building and really liked ...

    View Article