Luar Biasa, 2.150 PNS Terbukti Korupsi Akan Segera Dipecat Mendagri

By globalrealita 11 Sep 2018, 17:23:04 WIBhukum

Luar Biasa, 2.150 PNS Terbukti Korupsi Akan Segera Dipecat Mendagri

Keterangan Gambar : Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo


Globalrealita.com – Sikap tegas disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang akan melakukan pemecatan terhadap 2.150 Aparatur Sipil Negara yang terlibat dalam tindak pidana korupsi.

Keputusan ini diambil setelah melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Pembedayaan Aparatur Negara, Badan Kepegawaian Nasional dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 2.150  ASN tersebut akan diberhentikan secara tidak hormat.

“Mereka terbukti bersalah dan sudah memliki memiliki kekuatan hukum tetap dari hasil sidang tipikor. Tapi sampai saat ini masih menerima gaji dan belum diberhentikan. Saat ini data-data masih dipilah. Mereka layak diberhentikan dan dicabut hak normatifnya,” katanya kata Tjahjo Kumolo saat berada di Malang, Senin (10/9/2018).

Masih menurut Tjahjo Kumolo, keputusan tersebut akan dituangkan dalam sebuah surat keputusan yang dikeluarkan bersama Mendagri dan Menpan agar memiliki dan memenuhi unsur kepastian hukum.

Sementara itu data yang tercatat di Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada tahun 2018 menerangkan bahwa 2.674 PNS tercatat melakukan korupsi dan dipenjara, namun mayoritas masih berstatus PNS aktif.

“Dari 2.674 PNS yang tercatat melakukan korupsi, sebanyak 317 PNS sudah diberhentikan dengan tidak hormat. Sedangkan 2.357 orang diantaranya masih berstatus PNS aktif,” kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Bima menerangkan bahwa koruptor berstatus PNS paling banyak berada di wilayah Provinsi Kepulauan Riau dan Sumatera Barat dengan total 351 PNS. Belum ada satu pun dari mereka yang telah diberhentikan dengan tidak hormat.

Di Sumatera Utara terdapat 298 PNS aktif yang koruptor. Namun baru 10 orang diantaranya sudah diberhentikan. Sedangkan di Provinsi Bali, NTB, dan NTT ada 292 PNS koruptor yang belum diberhentikan dengan tidak hormat.

Pekanbaru sendiri memiliki 301 PNS yang terbukti korupsi dan masih aktif. Dari 301 PNS koruptor yang masih aktif tersebut, baru 3 orang yang diblokir dan belum ada yang dipecat.

Di urutan kedua, daerah yang paling banyak PNS ‎korupsi yakni Medan. Dari data BKN Kantor Regional Medan, ada 298 PNS koruptor yang masih aktif dan baru 10 orang yang dipecat. Namun, 298 PNS tersebut sudah diblokir.

Kemudian, pada urutan ketiga daerah yang PNS-nya terlibat korupsi yakni Denpasar dengan 292 PNS yang terlibat korupsi dan belum dipecat sama sekali. Dari 292 PNS yang terlibat korupsi, baru 7 orang yang diblokir.

Secara keseluruhan ada 14 daerah yang mencetak banyak PNS korupsi di antaranya Manokwari, Palembang,Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Manado, Banjarmasin, Jayapura, Denpasar, Pekanbaru dan Banda Aceh‎.

Dari 14 daerah tersebut, total ada 2.357 PNS yang terlibat korupsi dan masih aktif.‎ Sedangkan PNS yang telah dipecat atau diberhentikan secara tidak hormat ada 317 PNS dan 1424 PNS telah dilakukan pemblokiran.*Had

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Jasa SEO Terbaik

    Makasih atas informasinya kawan. https://jasaseoweb.net/paket-jasa-seo-tahunan/ ...

    View Article
  • Tas Spunbond

    Woow,,, 40 tas mewah..? Sampai puluhan milyaran gitu nilainya, udah dapat berapa mobil ...

    View Article
  • Pusat Kuliner Jakarta

    Semoga terus berkembang nih kampung wisata kuliner di Banyuwangi ini. Jika berbagai ...

    View Article