Kisah Pilu Mbah Wiji, Bantuan Bedah Rumah Rp 7,5 Juta Diminta Pak Lurah Langsung di Depan Pintu Bank

By globalrealita 26 Agu 2018, 22:32:13 WIBkisah hidup

Kisah Pilu Mbah Wiji, Bantuan Bedah Rumah Rp 7,5 Juta Diminta Pak Lurah Langsung di Depan Pintu Bank

Keterangan Gambar : Bangunan bedah rumah Mbah Wiji (67) warga Desa Dukuhngarjo Jatirejo Kabupaten Mojokerto


Globalrealita.com – Kepiluan dan kisah sedih penerima bantuan bedah rumah yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Mojokerto TA 2015 melalui Bappeda Mojokerto tidak ada hentinya.

Program yang menghabiskan total anggaran Rp 3,2 miliar untuk 431 warga tidak mampu di Kabupaten Mojokerto ini diduga kuat menjadi ajang empuk beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab demi memperkaya diri sendiri maupun berkelompok.

Tersebutlah, Mbah Wiji (67) pria kelahiran Nganjuk 31 Desember 1951 adalah salah satu penerima bantuan bedah rumah berupa uang tunai Rp 7,5 juta.

Pria sederhana dengan keterbatasan tidak bisa menulis membaca dan pendengarannya sudah berkurang ini menuturkan kisahnya ketika menerima bantuan.

“Kulo diajak pak Lurah dateng Bank Jatim Sooko mundut arto bantuan. Kulo angsal bantuan arto Rp 7,5 juta. Sakmantune nerimo arto saking petugas bank kulo medal saking kantor bank. Sakjobone lawang medal bank arto bantuan kulo niku langsung ditedi pak lurah sedanten. Kulo disangoni Rp 50 ribu damel tumbas nedo,” terang Mbah Wiji kepada jurnalis globalrealita.com dirumah sederhananya, Minggu (26/8/2018).

Masih menurut Mbah Wiji, selang beberapa hari ada bantuan material berupa pasir satu rit yang dibagi 3 orang, batu bata kualitas C kurang lebih 1000 biji, semen 4 sak, kapur kemasan 5 kg sekitar 6 bungkus, asbes 5 biji serta beberapa kayu untuk penahan asbes.

“Niki kulo malah pados utangan damel marekaken bangunan. Sampek sak niki dereng lunas,” keluh Mbah Wiji warga Dusun Dukuhngarjo RT. 004/RW. 001 Desa Dukuhngarjo Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto.

Dari hasil pengamatan kami, memang memprihatinkan bangunan bedah rumah untuk Mbah Wiji. Material bantuan bedah rumah dari pihak Desa Dukuhngarjo kepada Mbah Wiji beserta biaya pekerja diduga paling banyak menghabiskan dana sekitar Rp 4 juta.

Analisa ini juga didukung oleh Cak Jum (48), salah satu tukang bangunan senior di wilayah Jatirejo saat ikut menganalisa bangunan bedah rumah untuk Mbah Wiji.

“Kalau bangunan bedah rumah Mbah Wiji itu paling banyak menghabiskan dana Rp 4 juta mas. Bisa juga habisnya dibawah Rp 4 juta karena ini dikerjakan tahun 2015. Ini yang saya jadikan pedoman adalah hitungan material harga sekarang,” terang Cak Jum di lokasi.

Dari analisa memang didapatkan selisih sekitar Rp 3,5 juta dari bantuan yang semestinya diterima Mbah Wiji. Terus digunakan siapa sisa uang Rp 3,5 juta yang seharusnya menjadi hak Mbah Wiji.

Sementara Kepala Desa Dukuhngarjo, Ali Irsad saat dikonfirmasi di kantor desa terkait hal ini beliaunya tidak berada ditempat. Sementara nomor handphone beliau saat dikonfirmasi juga beberapa kali dialihkan. (Bersambung/Tim Global)    

        

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

  1. Kiki Claura 28 Agu 2018, 18:04:54 WIB

    Yoalah, lurah ngono kuwi dipecat ae
    Gak pantes nemen dadi lurah
    Duwit sakmono yo dikorupsi

    hermanto 28 Agu 2018, 21:18:45 WIB

    ya allah jabatan adalah amanah gunakanlah untuk kebaikan terutama untuk kaum yg membutuhkan. jika tdak di gunakan dengan amanah maka akan di mintai pertanggung jawaban kelak.

    imam mustajib 29 Agu 2018, 00:44:09 WIB

    itulah potret rakyat indonesia yng sulit dirubah...! korupsi bersama dari pengurus yg rakyat kecil dan ke pejabat tinggi...!
    tapi klo kita buka sejarah .. karakter pemimimpin itu memang disesuaikan dengan rakyatnya..! klo kita mempunyai pemimpin2 yg kurang amanah..! itu bisa jadi disebabkan karna karakter rakyatnya sendiri...!

    Watik 29 Agu 2018, 05:30:05 WIB

    Lurah edan

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Jasa SEO Terbaik

    Makasih atas informasinya kawan. https://jasaseoweb.net/paket-jasa-seo-tahunan/ ...

    View Article
  • Tas Spunbond

    Woow,,, 40 tas mewah..? Sampai puluhan milyaran gitu nilainya, udah dapat berapa mobil ...

    View Article
  • Pusat Kuliner Jakarta

    Semoga terus berkembang nih kampung wisata kuliner di Banyuwangi ini. Jika berbagai ...

    View Article