Kabar Gembira, DPRD Pamekasan Segera Legalkan Perda Poligami

By globalrealita 05 Sep 2018, 17:18:33 WIBpariwara

Kabar Gembira, DPRD Pamekasan Segera Legalkan Perda Poligami

Keterangan Gambar : ilustrasi


Globalrealita.com – Luar biasa, untuk mengurangi maraknya kemaksiatan dan prostitusi liar di wilayah yang berjuluk Kota Gebang Salam, DPRD Kabupaten Pamekasan Madura berencana melegalkan Peraturan Daerah tentang Poligami.

Seperti diterangkan oleh Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Apik bahwa rancangan perda tentang poligami masih dibahas serius di internal DPRD Pamekasan.

 “Wacana dan paradigma melegalkan perda poligami tersebut sudah disetujui oleh beberapa ulama yang ada di Pamekasan. Perda poligami juga nantinya juga akan mengakomodir aspirasi kaum perempuan sebagai sebuah payung hukum yang sah bagi mereka,“ terang Apik, Rabu pagi (5/9/2018).

Politikus yang berasal dari Partai Nasdem Pamekasan ini menjabarkan bahwa lahirnya wacana perda poligami ini karena banyaknya pengaduan masyarakat terkait status dan kedudukan anak dari istri kedua hasil pernikahan siri menurut kaca mata hukum.

“Dalam kaca mata hukum, anak dari hasil pernikahan siri jelas tidak diakui. Sehingga, apabila perda poligami itu disetujui maka status anak dari hasil nikah siri jelas dan dapat perlindungan hukum.,” papar Apik.

Alasan lain, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Pamekasan, jumlah penduduk dengan jenis kelamin perempuan lebih banyak daripada jenis laki-laki.

Dari total jumlah penduduk Pamekasan sebanyak 829.323 jiwa, jumlah penduduk dengan jenis kelamin laki-laki hanya sebanyak 402.314 jiwa, sedangkan penduduk dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 427.009 jiwa.

Masih menurut Apik, dirinya juga ikut prihatin dengan meningkatnya angka kemaksiatan dan tingginya praktik prostitusi liar di daerah Pamekasan dan sekitarnya.

Pihaknya juga membantah tudingan dari pihak-pihak yang sempat menyayangkan kalau perda tersebut hanya sekadar wacana saja.

"Perda poligami ini akan tetap kami seriusi. Nanti kalau tiba saatnya saat mayoritas anggota DPRD Pamekasan setuju, maka ini akan menjadi perda," punkasnya.

Sementara itu berdasarkan pengamatan, sebagian anggota DPRD Pamekasan memang telah melakukan poligami atau beristri lebih dari satu. Anggota DPRD Pamekasan ini menikah secara siri dan tidak tercatat di KUA.

Alasan beberapa anggota DPRD Pamekasan melakukan poligami ini bermacam-macam. Ada yang beralasan karena ingin suasana baru sehingga butuh pendamping hidup baru. Ada yang juga karean ingin menolong.

Sebagian anggota DPRD Pamekasan ini mengajak istri muda hasil poligami saat kunjungan kerja luar kota, menghadiri undangan khusus teman sejawat sampai mendampingi saat studi banding ke luar daerah.(ridwan)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Agen Bandar Judi Bola

    Any way I'll be acquiring in to your feed and I trust you post again soon. ...

    View Article
  • Bimtek Kepegawaian

    it is extremely a skillfully-inquired about substance and super wording. I were given ...

    View Article
  • Bimtek Keuangan

    This is my first time visit here. From the huge amounts of remarks on your ...

    View Article
  • Boneka Wisuda

    I simply want to say I’m very new to blogging and site-building and really liked ...

    View Article