Diduga PPDB 2018 Bocor, Nilai 174,0 Diterima di SMPN Paling Ternama Di Mojokerto Lewat Jalur Umum

By globalrealita 10 Agu 2018, 21:46:32 WIBinvestigasi

Diduga PPDB 2018 Bocor, Nilai 174,0 Diterima di SMPN Paling Ternama Di Mojokerto Lewat Jalur Umum

Keterangan Gambar : Ilustrasi Anak-anak SMP


Globalrealita.com – Dunia pendidikan Kabupaten Mojokerto kembali dalam keresahan. Dunia pendidikan yang semestinya menjadi tempat putra putri kita untuk dibimbing dan dididik menjadi insan bangsa yang cerdas dan berbudi luhur tetapi nyatanya dalam pelaksanaannya dikotori ulah orang tidak bertanggung jawab demi memaksakan kehendak mereka.

Kali in terkait pelaksanaan PPDB tingkat SMP Negeri tahun ajaran 2018 di Kabupaten Mojokerto menyisakan sebuah cerita kelabu. Tersebutlah  siswi SC putri seorang pejabat tinggi di Pemkab Mojokerto bernama Ibu TM.

SC lulusan salah satu SD Negeri ternama di Kota Mojokerto bernasib tidak mujur, dalam pelaksanaan ujian nasional tingkat SD kemarin dia hanya mendapatkan nilai total 174,0.

Entah bagaimana caranya SC hari ini bisa menikmati sekolah di salah satu SMP Negeri ternama, yang termasuk kategori 3 besar SMP Negeri ternama di Kabupaten Mojokerto. Sudah bukan rahasia umum lagi kalau masuk SMP Negeri tersebut, siswa harus benar-benar mempunyai kemampuan dan nilai jauh diatas rata-rata.

Sementara itu menurut hasil penelitian dari Barracuda Indonesia, SC ini memang adalah anak salah satu pejabat penting di Pemkab Mojokerto berinitial Ibu TM. Sementara Suami Ibu TM juga salah satu abdi di negara ini. Terkait bisa diterimanya SC di SMP Negeri ternama tersebut, Barracuda melakukan riset dan penelitian untuk mengkaji dan mengupas kebenaran berita tersebut.

“Hasil riset kami, dari biodata yang kami dapatkan SC memang anak orang penting. Dilihat dari aspek manapun, nilai SC yang berjumlah 174,0 jelas tidak mungkin diterima di SMP Negeri itu apalagi melalui jalur umum. Jalur lingkungan juga tidak mungkin, karena menurut KK mereka tidak tinggal di alamat SMP tersebut berada,” terang Hadi Purwanto, ST., peneliti dari Barracuda Indonesia, Jumat (10/8/2018).

Hadi menerangkan bahwa hasil kajian dan riset lembaganya menemukan analisa bahwa adanya dugaan konspirasi licin antara Kepala Sekolah SMP tersebut yang berinitial MSY dengan orang tua SC.

“Tim Barracuda masih mengembangkan alat-alat bukti agar unsur pidana terkait perbuatan oknum Kepala Sekolah MSY dan orang tua SC terpenuhi. Harus ada efek jera terhadap siapa saja yang merusak citra pendidikan nasional, biar bisa menjadi contoh pejabat lainnya, “ tegas Hadi.

Hadi juga sangat menyayangkan sikap orang tua SC yang memaksakan kehendak agar putrinya bisa masuk SMP Negeri ternama tersebut. Karena menurut Hadi itu bukan teladan yang baik yang diberikan orang tua SC kepada anaknya.

“Kasihan SC, masuk sekolah harus memenuhi rasa gengsi dan kehendak orang tuanya. Seandainya berita ini dalam perkembangannya terungkap secara fakta riil dan menjadi publikasi di masyarakat luas jelas menjadi beban mental dan pikiran SC. Orang tua SC sudah tidak benar, “tegas Hadi.

Lebih parah lagi menurut analisa Hadi, bahwa kursi siswa yang saat ini ditempati SC untuk bersekolah itu otomatis menggeser kursi siswa lainnya yang lebih berhak diterima di SMP Negeri tersebut daripada SC.

Hadi juga menyayangkan sikap Kepala Sekolah MSY saat diklarifikasi ke sekolahannya. Sudah tiga kali tim Barracuda datang ke sekolah tersebut, tetapi MSY seakan ketakutan tidak bersedia menemui.

“Sikap MSY selaku pejabat publik dan pelayan publik yang tidak mau menemui tim Barracuda selama 3 kali sangat disayangkan. Ini sekolah pemerintah, segala etos kerja dan kebijakkan harus bisa dipertanggung-jawabkan kepada masyarakat luas. Kalau memang tidak ada apa-apa kenapa harus menghindar, “ papar Hadi. (Bersambung/TimGlobal)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Jasa SEO Terbaik

    Makasih atas informasinya kawan. https://jasaseoweb.net/paket-jasa-seo-tahunan/ ...

    View Article
  • Tas Spunbond

    Woow,,, 40 tas mewah..? Sampai puluhan milyaran gitu nilainya, udah dapat berapa mobil ...

    View Article
  • Pusat Kuliner Jakarta

    Semoga terus berkembang nih kampung wisata kuliner di Banyuwangi ini. Jika berbagai ...

    View Article