Bupati Minta Wartawan Beritakan OPD untuk Masyarakat

By globalrealita 03 Feb 2019, 12:53:41 WIBnasional

Bupati Minta Wartawan Beritakan OPD untuk Masyarakat

Keterangan Gambar : upati Jember dr. Hj. Faida, MMR., bersama wartawan anggota FWLM


Globalrealita.com - Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., meminta wartawan anggota FWLM untuk membantu pemerintah dalam pemberian informasi kepada masyarakat secara cepat dan akurat sesuai fakta.

Bagi Bupati, wartawan bisa menjadi mitra pemberitaan dengan mendampingi organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menyajikan informasi kepada masyarakat luas.

Ini disampaikan Bupati dalam pertemuan dengan pengurus Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember, Jum’at 1 Februari 2019, di ruang Tamyaloka Pendapa Wahyawibawagraha.

Meski demikian, lanjut Bupati, wartawan tetap dengan idealismenya dalam membela kebenaran. Membela kebenaran dengan menulis kebenaran itu. “Tulislah kebenaran, ungkaplah kebenaran,” tuturnya.

Terkait pemberitaan OPD, Bupati menjelaskan setiap wartawan yang memiliki kompetensi keahlian tertentu bisa mendampingi OPD sesuai keahlian itu.

“FWLM menggali informasi masing-masing OPD ini, keahliannya apa,” ujar perempuan bupati pertama di Jember ini. Dengan demikian, pemberitaan OPD lebih mudah didapat masyarakat dan masyarakat lebih cepat mendapatkan informasi.

Selain itu, wartawan diharapkan mampu memberikan ilmunya kepada generasi milineal, karena generasi milineal juga memerlukan ilmu jurnalistik.

Generasi milineal ini, lanjut Bupati, akan ditempatkan di beberapa desa atau posisi tertentu untuk pemberitaan di wilayah-wilayah se-Kabupaten Jember.

Sementara itu, Ketua FWLM Ihya Ulumiddin menegaskan siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk ikut membangun Kabupaten Jember tercinta.

“Kita ingin membangun Jember dari karya jurnalistik kita. Kita juga ingin memberikan hal positif, edukatif, dan informatif, serta bisa menginformasikan potensi Jember di Indonesia bahkan dunia,” kata pria yang akrab dipanggil Udik ini.

Udik yang didampingi sejumlah pengurus lainnya menjelaskan sejarah terbentuknya FWLM, yang berawal dari seumlah aktifitas liputan bersama berbagai media di Jember. Forum ini berupaya untuk membentuk wartawan yang profesional dan mengubah pandangan terhadap wartawan.

Sejak dibentuk pada tahun 2014, lanjutnya, forum telah melaksanakan sejumlah kegiatan. Seperti seminar, diskusi, serta diklat jurnalistik untuk meningkatkan kompetensi, dan kegiatan lainnya. Forum saat ini juga telah memiliki legalitas hukum.

Anggota Ombudsman FWLM Gangsar Widodo menambahkan, forum memiliki tujuan baik untuk menciptakan kualitas jurnalistik yang mumpuni pada seluruh anggota.

Karena itu, forum siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jember untuk menginformasikan program-program pemerintah. “Forum juga siap mengedukasi masyarakat melalui berita yang sehat dan akurat,” terang Pimpidan Redaksi Fakta Jember ini.

Sementara itu, anggota Ombudsman FWLM lainnya, M. Rully Efendi, menyampaikan, selama empat tahun berdiri forum tetap memegang idealisme dalam jurnalistik.

“Kita sudah bertemu Bupati, bukan berarti kita medianya Bupati. Seperti yang dikatakan Bupati Faida, kita harus menjadi media yang tegak lurus,” ucapnya. Menjadi medianya Jember untuk mengenalkan potensi Jember. (mutia/izza/*f2)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Flow Meter Tokico Jakarta

    Excellent post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Very useful ...

    View Article
  • Open Trip Pulau Seribu

    I conceive you have remarked some very interesting details , thanks for the post. ...

    View Article
  • Distributor pipa HDPE

    You can certainly see your skills in the work you write. The sector hopes for even ...

    View Article
  • Paket Tour Bromo Malang

    I savor, result in I discovered exactly what I used to be looking for. You have ...

    View Article