"Benarkah.. Susu Kacang Tanah dapat mengkontrol Obesitas???"

By globalrealita 14 Jul 2017, 13:14:23 WIBhealth

"Benarkah.. Susu Kacang Tanah dapat mengkontrol Obesitas???"

Keterangan Gambar :


GLOBALREALITA.COM, MOJOKERTO - Keunggulan dari kacang tanah adalah rendahnya indeks glikemik sehingga tidak menyebabkan peningkatan kadar glukosa darah,
 

Konsumsi kacang tanah secara reguler juga mampu mengontrol berat badan. Orang-orang yang menggunakan kacang tanah dalam terapi dietnya terbukti mampu meningkatkan konsumsi harian serat. Konsumsi serat secara cukup (25-30 gram sehari) mampu menurunkan asupan energi harian.
 
Kandungan protein pada kacang tanah juga berperan sebagai pengontrol berat badan. Ada proses termogenesis yang lebih tinggi dari protein dibandingkan dari karbohidrat atau lemak.

Selain itu, kacang tanah merupakan sumber protein nabati yang kaya akan lemak tidak jenuh ganda. Rasio asam lemak tak jenuh ganda yang tinggi terhadap lemak jenuh juga mampu meningkatkan efek termik makanan. Protein juga berperan dalam meningkatkan rasa kenyang.                       

Obesitas terjadi akibat nafsu makan yang tidak terkendali. Hasrat atau keinginan makan tersebut diatur oleh otak, tepatnya pada nukleus arkuata bagian dari hipotalamus yang akan menghasilkan hormon serotonin. Hormon serotonin ini memiliki fungsi menurunkan nafsu makan dan penginduksi kepuasan makan.

“Hormon serotonin diprekursori oleh asam amino triptofan. Sementara sumber asam amino triptofan ini mudah ditemukan pada kacang-kacangan termasuk kacang tanah,”

Serotonin adalah penekan nafsu makan alami. Bahan kimia otak yang kuat ini membatasi nafsu makan dan menutup nafsu makan. Itu membuat kita merasa puas meski perut tidak kenyang. Hasilnya adalah makan lebih sedikit dan efek jangka panjangnya menjadikan berat badan menurun.

Penelitian mengenai serotonin sebenarnya telah dilakukan lebih dari 30 tahun yang lalu oleh peneliti MIT, Richard Wurtman, M.D. Ia menunjukkan bahwa triptofan, blok bangunan serotonin, bisa masuk ke otak setelah makan.

Untuk membuktikan efek susu kacang tanah dalam menurunkan nafsu makan, dilakukanlah percobaan terhadap 30 ekor tikus Sprague Dawley. Susu kacang tanah diberikan melalui sonde oral pada tikus yang diberi pakan tinggi lemak dan tinggi fruktosa. Ini dilakukan untuk menginduksi obesitas pada tikus. Setelah 25 hari perlakuan, dilakukan pengambilan plasma darah tikus untuk melihat kadar serotonin yang selanjutnya akan dianalisis.

“Hasilnya, penambahan berat badan pada kelompok tikus yang diberi perlakuan Sukata (susu kacang tanah) lebih sedikit dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi perlakuan,”

Pada kelompok tikus yang diberi perlakuan Sukata juga mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini membuktikan bahwa Sukata dapat membantu mencegah terjadinya perubahan berat badan secara berlebihan yang dapat memicu terjadinya obesitas.

Selain itu, serotonin juga berperan dalam pengaturan mood alami. Serotonin dapat membuat kita merasa stabil secara emosional, kecemasan menjadi berkurang, lebih tenang, bahkan lebih fokus dan energik.

Dalam 15 gram kacang tanah terdapat kira-kira 30 persen protein. Kacang tanah juga merupakan sumber serat alami, sumber vitamin dan mineral (asam folat, vitamin E, niasin, tiamin, vitamin B6, riboflavin, tembaga, fosfor, magnesium, besi, kalium, seng, dan juga kalsium).

Di Amerika Serikat, kacang tanah disebut-sebut sebagai kacang yang paling popular. Kandungan minyak dan gula alaminya yang tinggi, dan harga produksinya murah.

Dalam sebuah wawancara dengan Food Navigator USA, presiden National Peanut Board menjelaskan potensi satu produk olahan kacang tanah yang bisa dikembangkan petani, yaitu susu kacang tanah. Pengembang susu kacang yang ada, kata presiden NPB, berusaha mencapai fungsi yang sama seperti susu almond sebagai pengganti susu sapi. Itu berarti tidak ada rasa kacang yang kuat dan tekstur lembut untuk membuatnya mirip seperti lemak dan gula dalam susu biasa.

Pembuatan susu kacang tanah ini tidak hanya menjadi solusi mencegah terjadinya obesitas di Indonesia dan dunia. Sekar sebagai ketua penelitian Sukata menyatakan penggunaan kacang tanah ini juga mendukung diversifikasi olahan pangan fungsional berbasis kacang tanah yang masih sangat terbatas dan belum dikenal masyarakat secara luas.

Susu kacang tanah ini bisa menjadi solusi untuk mencegah terjadinya obesitas di Indonesia dan menjadi produk alternatif diversifikasi olahan pangan dari bahan kacang tanah,

Manajemen utama yang biasa diterapkan pada klien obesitas adalah manajemen diet dan olahraga. Adapun manajemen diet yang dimaksud adalah konsumsi energi, konsumsi karbohidrat sederhana (seperti permen, gula, sirup) dibatasi, konsumsi karbohidrat kompleks lebih diutamakan, konsumsi sayur dan buah setiap hari, dan konsumsi sumber lemak sesuai anjuran.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk lebih memperhatikan perihal penambahan bahan lain dalam pembuatan susu kacang tanah.

“Misalnya gula. Jika ya, seberapa banyak penambahannya? Mengingat diet dari pasien obesitas adalah mengatur jumlah gula sederhana dalam tubuh. Dimana anjuran konsumsi gula yang aman berkisar 5-10 persen dari total energi,” (MDP/Global)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Mesin Pendingin 15 Feb 2018, 18:16:42 WIB

    Wah saya baru tau kalau ternyata susu kacang tanah nih bisa mengontrol obesitas ya.. Saya sendiri ga pernah nyobain susu kacang tanah, kalau susu kacang ijo udah pernah karena waktu itu ngambil dari mesin pendingin alias kulkas di rumah karena dibeliin hha

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Jasa SEO Terbaik

    Makasih atas informasinya kawan. https://jasaseoweb.net/paket-jasa-seo-tahunan/ ...

    View Article
  • Tas Spunbond

    Woow,,, 40 tas mewah..? Sampai puluhan milyaran gitu nilainya, udah dapat berapa mobil ...

    View Article
  • Pusat Kuliner Jakarta

    Semoga terus berkembang nih kampung wisata kuliner di Banyuwangi ini. Jika berbagai ...

    View Article