Barracuda Minta Program Vaksin MR di Mojokerto Dihentikan Sementara

By globalrealita 15 Agu 2018, 09:38:01 WIBopini

Barracuda Minta Program Vaksin MR di Mojokerto Dihentikan Sementara

Keterangan Gambar : Salah satu siswa mendapatkan suntikan imunisasi


Globalrealita.com – Lembaga Kajian Hukum dan Kebijakan Publik Barracuda Indonesia meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten dan Kota Mojokerto beserta dinas terkait untuk sementara menunda pelaksanaan program imunisasi vaksin Measle Rubella (MR) di wilayah Mojokerto sampai rekomendasi kehalalan Vaksin MR tahun 2018 dikeluarkan MUI Pusat.

Hal ini disampaikan oleh salah satu peneliti Barracuda Indonesia, Heri Sulistyo Widodo saat diskusi bulanan bersama rakyat di Kantor Barracuda, Selasa (14/8/2018).

Seperti diketahui bersama, pemberian vaksin MR di sekolah-sekolah serentak dilaksanakan sejak 1 Agustus 2018 lalu. Setiap hari, Dinas Kesehatan menargetkan ke puskesmas daerah untuk melakukan imunisasi di semua sekolah yang ada di desa setiap harinya.

Pelaksanaan program imunisasi vaksin Rubella saat ini lagi gencar-gencarnya dilaksanakan di sekolah-sekolah yang ada di Mojokerto.

Disamping itu menurut Heri, terkait banyaknya korban akibat pelaksanaan program ini pihaknya menghimbau agar pemerintah beserta dinas terkait untuk mengkaji ulang terhadap aspek teknis cara memberikan imunisasi vaksin yang benar dan aman sehingga tidak sampai terjadi dugaan malpraktek kepada siswa-siswa oleh petugas kesehatan.

“Kami berharap pemerintah jangan terlalu tergesa melaksanakan program vaksin Rubella ini. Kita tunggu sampai rekomendasi kehalalan dikeluarkan oleh MUI Pusat. Disamping itu perlu kita kaji bersama aspek teknis petugas kesehatan dalam memberikan imunisasi ini kepada anak. Keahliannya sudah layak tidak. Jangan sampai terjadi malpraktek yang ujung-ujungnya ada korban lagi siswa,“ terang Heri disela-sela acara diskusi.

Heri menerangkan memang benar MUI Pusat sudah mengeluarkan surat terkait Vaksin MR tahun 2018 memang belum mendapatkan sertifikat halal dari MUI Pusat.

Untuk Vaksin MR tahun 2017 memang sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI Pusat. Namun Vaksin MR yang digunakan tahun 2018 ini belum sama sekali diteliti oleh MUI Pusat sehingga diragukan kehalalannya.

“Kami meragukan kehalalan Vaksin MR. Karena pelaksanaan program Imunisasi Vaksin MR yang sudah berjalan tahun ini, dalam pelaksanaannya pemerintah masih menggunakan sertifikat halal MUI Pusat tahun 2017,“ tegas Heri.  

Heri menyayangkan banyaknya siswa-siswa muslim di Mojokerto yang sudah terlanjur mendapatkan Imunisasi Vaksin MR ini tanpa menunggu keputusan serifikat halal dari MUI Pusat.

"Banyak walimurid yang cemas dan mengadu kepada Barracuda. Kami menghimbau kepada pemerintah Kabupaten dan Kota Mojokerto serta Dinas yang terkait untuk sementara menghentikan pelaksanaan Imunisasi Vaksin MR ini. Kita tunggu keputusan resmi dari MUI Pusat, karena sudah banyak siswa yang terkena dampak buruk pelaksanaan Imunisasi Vaksin MR ini," kata peneliti dari Barracuda ini. #Rifki



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Jasa SEO Indonesia Terbaik Bergaransi Uang Kembali

    Tampilan web Anda sangat bagus dan menarik. Great Job! ...

    View Article
  • Jasa SEO Terbaik

    Makasih atas informasinya kawan. https://jasaseoweb.net/paket-jasa-seo-tahunan/ ...

    View Article
  • Tas Spunbond

    Woow,,, 40 tas mewah..? Sampai puluhan milyaran gitu nilainya, udah dapat berapa mobil ...

    View Article
  • Pusat Kuliner Jakarta

    Semoga terus berkembang nih kampung wisata kuliner di Banyuwangi ini. Jika berbagai ...

    View Article